Skip to main content

Cara Membuat Resensi Buku


Resensi buku adalah ulasan tentang sebuah buku. Di dalamnya dituliskan identitas buku, ikhtisar, kelebihan, hingga saran dan kritik terhadap penulis dan penerbit. Selain itu, dalam resensi buku juga dituliskan perbandingan buku dengan buku-buku lain yang bertema sama. 

Resensi buku dibutuhkan banyak orang untuk membantu menginformasikan sebuah buku. Dengan adanya sebuah resensi, khalayak pembaca terbantu menemukan buku-buku pilihan yang terbaik untuk dibaca. Dengan demikian, resensi buku menjadi media yang sangat bagus untuk mempromosikan sebuah buku.
Agar lebih jelas dalam membuat resensi buku, berikut struktur resensi buku:

1. Pendahuluan
Setiap orang pasti mempunyi identitas diri seperti nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, dan sebagainya. Begitu juga sebuah buku. Nah, identitas buku dalam resensi ditulis pada bagian pendahuluan.
Dalam pendahuluan dituliskan identitas buku. Identitas buku meliputi judul buku, penulis atau pengarang buku, penyunting (jika ada), penerbit, tahun terbit, cetakan ke-, tebal buku, ukuran buku.

2. Isi
Dalam isi berisi ulasan tentang keseluruhan isi buku. Mulai dari ulasan tentang judul dan tema, paparan singkat isi buku, latar belakang dan tujuan penulisan buku, gaya penulisan, hingga perbandingan buku yang diresensi dengan buku-buku lain yang bertema sama.

3. Penutup
dalam penutup dituliskan penilaian terhadap buku, yaitu pebilaian terhadap kualitas buku, menilai kelebihan dan kekurangan, hingga memberikan kritik dan saran kepada penulis dan penerbit. Dan yang tak kalah penting yaitu memberikan pertimbangan kepada pembaca.

Nah, seperti itulah garis besar struktur resensi buku. Untuk membuat resensi buku yang menarik jangan lupa untuk menambahkan judul resensinya. Judul resensi bisa mengacu pada judul buku yang diresensi, tetapi tidak sama persis. Buatlah judul resensi yang menarik agar memikat para pembaca untuk mengetahui isi resensi lebih lanjut.

Demikian cara membuat resensi buku, semoga bermanfaat. Amin.



Buka Komentar

Popular posts from this blog